Rabu, 16 Januari 2013

Teknologi Memori


Berikut ini adalah beberapa macam dari Teknologi memori berdasarkan Fungsi dan Tugasnya Masing-masing:

  1. RAM adalah sebuah tempat penyimpanan data sementara yang dapat dibaca maupun ditulis oleh prosesor atau perangkat keras lainnya.
  2. ROM adalah sebuah tempat penyimpanan yang memuat instruksi atau data yang dapat dibaca akan tetapi tidak dapat ditulis.
  3. Cold booting merupakan proses pengaktifan sistem komputer pertama kali untuk mengambil program bootstrap dari keadaan listrik komputer mati (off) menjadi hidup (on).
  4. Warm booting merupakan proses pengulangan pengambilan program bootstrap pada saat komputer masih hidup dengan cara menekan tiga tombol tombol pada papan ketik sekaligus, yaitu Ctrl, Alt, dan Del.
  5. ROM yang dapat diprogram kembali adalah PROM (Programmable Read Only Memory), yang hanya dapat diprogram satu kali dan selanjutnya tidak dapat diubah kembali.
  6. EEPROM (Electrically Erasable Programmable Read Only Memory) dapat dihapus secara elektronik dan dapat diprogram kembali.
  7. Extended Data Out Random Access Memory atau yang sering dikenal dengan sebutan EDO RAM, adalah variasi dari memori modern pertama yang memiliki kemampuan untuk secara terus menerus mengakses suatu bit pada page yang sama di memori.
  8. Virtual memory adalah suatu teknik yang memisahkan antara memori logis dan memori fisiknya.
  9. Hirarki memori adalah suatu acuan yang digunakan oleh para perancang untuk menyetarakan kapasitas, waktu akses, dan harga memori untuk setiap bitnya.
  10. Cache mikroprosesor disusun berdasarkan kedekatannya dengan prosesor (level-1, level-2, level-3, dan seterusnya).
  11. CLV (Constant Linear Velocity): kepadatan bit tiap track sama, semakin jauh sebuah track dari tengah disk, maka semakin besar jaraknya, dan juga semakin banyak yang dimilikinya.
  12. CAV (Constant Angular Velocity): kepadatan bit dari zona terdalam ke zona terluar semakin berkurang, kecepatan rotasi konstan, sehingga aliran data pun konstan.
  13. Host-Attached Storage (HAS) adalah pengaksesan storage melalui port I/O.
  14. FC atau fibre chanel adalah sebuah arsitektur seri berkecepatan tinggi yang dapat beroperasi pada serat atau pada kabel copper 4- konduktor.
  15. NAS (Network-Attached Storage) device adalah sebuah sistem penyimpanan yang mempunyai tujuan khusus yaitu untuk diakses dari jauh melalui data network
  16. ISCSI adalah protokol NAS terbaru, yang menggunakan protokol IP  network untuk membawa protokol SCSI.
  17. Satuan kecepatan rotasi pada disk disebut RPM (Rotation Per Minute)
  18. CD ROM dan Hardisk berbeda dalam hal bahannya, representasi datanya, bentuk lintasanyannya, dan cara pembacaannya.. # Dikutip dari: http://49012035siti.wordpress.com/2012/03/15/teknologi-memori/ 

0 komentar:

Posting Komentar